Beberapa Nakama dibalik Kesuksesan Tokopedia
10/16/2015Eka Wirya - Product Owner
Alvin - Jean - Eka Wirya |
Sebagai
salah satu pionir dan nakama paling senior di Tokopedia Eka Wirya telah
berjuang membangun Tokopedia bersama foundernya dari tahun 2010 tepatnya mulai
dari bulan Oktober Saat itu Tokopedia masih sangat jauh dari saat ini. Pria yang akrab disapa Ko Eka ini bergabung ke Tokopedia atas ajakan
dari founder melalui forum di Internet, dimana pada awalnya sang founder yaitu William Tanuwijaya hanya sebatas mengajak Ko Eka untuk mengunjungi
kantor Tokopedia hingga akhirnya Ko Eka bersedia untuk bergabung sebagai Nakama
di Tokopedia.
Pada saat
itu, jumlah Nakama masih sangat sedikit yaitu berkisar belasan orang saja. Ko Eka memulai karir di Tokopedia sebagai Quality Assurance
End User dan kemudian
berganti-ganti posisi ke Content, Bussiness Marketing, hingga pada saat
ini Ko Eka menjadi Product Owner
di Tokopedia.
Ketika
ditanya berapa lama lagi kah Ko Eka ingin berjuang bersama Tokopedia, pria kelahiran Jakarta ini hanya bisa tersenyum dan memberikan jawaban bahwa ia masih ingin
terus berjuang bersama Tokopedia hingga Tokopedia dapat tumbuh sebesar Alibaba
dan menjadi raja e-commerce di negara sendiri.
Rico Harisin - Software Engineer
Rico Harisin - Jean |
Laki-laki kelahiran
Jakarta 6 Maret 1991 ini, bergabung dengan Tokopedia sejak tanggal 1 April
2013. Bekerja di Tokopedia merupakan pengalaman pertamanya sejak lulus dari
Binus University.
Kak Rico selalu
memposisikan dirinya sebagai costumer yang
tidak mengerti sama sekali cara menggunakan aplikasi android. Jadi, di sini
kita sebagai seorang software engineering
harus bisa membuat aplikasi semudah mungkin dan dimengerti oleh
penggunanya.
Kesulitan-kesulitan selama bekerja sering kali dijumpai
Kak Rico, seperti bagaimana cara memonitoring aplikasi yang digunakan lebih
dari 1,7 juta pengguna. Ketika mengalami kesulitan dalam pekerjaan, biasanya Ia
memilih untuk melakukan penyegaran dengan melakukan beberapa hobinya, yaitu
menyanyi, main game, dan nonton film anime.
Beberapa target dalam hidup Rico yang belum Ia capai
adalah mempunyai bisnis di bidang IT,
menjadikan aplikasi android Tokopedia menjadi nomor 1 di play store dan membahagiakan orang tua.
Edward Benjamin - Event and Marketing Communication
Johanes - Kenneth - Edward Benjamin - Alvin |
Sebagai Event and marketing Communication Specialist nakama yang satu ini
sudah bergabung dengan Tokopedia sejak 11 Agustus 2014. dimana pada saat itu
Tokopedia belum sebesar saat ini dengan jumlah nakama yang tidak lebih dari 100
pada saat itu hingga Tokopedia bertumbuh dengan jumlah nakama sekarang ini yang
hampir menyentuh angka 400.
Edward bergabung ke tokopedia pada
saat tokopedia bertumbuh dengan pesatnya yang terlihat dengan jumlah nakama
yang terus bertambah, penerimaan investasi 100 juta dolar dari Sequoia dan
Softbank dan beberapa momen-momen penting lainnya yang dialami oleh Tokopedia.
Momen-moment tersebut meninggalkan kesan bagi Edward seperti yang ia katakan
bahwa keberhasilan nakama dalam berkolaborasi dalam tim telah membuat Tokopedia
dapat berkembang hingga sebesar ini dan setiap nakama secara langsung maupun
tidak langsung memberikan kontribusi atas pencapaian Tokopedia.
Edward berpesan untuk para newkama
yang baru bergabung dengan Tokopedia agar tetap bertahan bersama Tokopedia,
karena Tokopedia adalah perusahaan yang sangat bagus untuk kita belajar, dan
apapun yang kita lakukan di Tokopedia bukan semata-mata kita lakukan untuk diri
kita sendiri ataupun Tokopedia, melainkan untuk membantu masyarakat Indonesia.
Pastikan visi dan misi kita sejalan dengan Tokopedia maupun sebaliknya.
0 comments