Beberapa Nakama dibalik Kesuksesan Tokopedia

Eka Wirya - Product Owner Alvin - Jean - Eka Wirya Sebagai salah satu pionir dan nakama paling senior di Tokopedia Eka Wirya telah...

Eka Wirya - Product Owner

Nakama Eka Wirya
Alvin - Jean - Eka Wirya

Sebagai salah satu pionir dan nakama paling senior di Tokopedia Eka Wirya telah berjuang membangun Tokopedia bersama foundernya dari tahun 2010 tepatnya mulai dari bulan Oktober Saat itu Tokopedia masih sangat jauh dari saat ini. Pria yang akrab disapa Ko Eka ini bergabung ke Tokopedia atas ajakan dari founder melalui forum di Internet, dimana pada awalnya sang founder yaitu William Tanuwijaya hanya sebatas mengajak Ko Eka untuk mengunjungi kantor Tokopedia hingga akhirnya Ko Eka bersedia untuk bergabung sebagai Nakama di Tokopedia.

Pada saat itu, jumlah Nakama masih sangat sedikit yaitu berkisar belasan orang saja. Ko Eka memulai karir di Tokopedia sebagai Quality Assurance End User dan kemudian berganti-ganti posisi ke Content, Bussiness Marketing, hingga pada saat ini Ko Eka menjadi Product Owner di Tokopedia.

Ketika ditanya berapa lama lagi kah Ko Eka ingin berjuang bersama Tokopedia, pria kelahiran Jakarta ini hanya bisa tersenyum dan memberikan jawaban bahwa ia masih ingin terus berjuang bersama Tokopedia hingga Tokopedia dapat tumbuh sebesar Alibaba dan menjadi raja e-commerce di negara sendiri.

Rico Harisin - Software Engineer

Rico Harisin - Jean

Laki-laki kelahiran Jakarta 6 Maret 1991 ini, bergabung dengan Tokopedia sejak tanggal 1 April 2013. Bekerja di Tokopedia merupakan pengalaman pertamanya sejak lulus dari Binus University.
Kak Rico selalu memposisikan dirinya sebagai costumer yang tidak mengerti sama sekali cara menggunakan aplikasi android. Jadi, di sini kita sebagai seorang software engineering harus bisa membuat aplikasi semudah mungkin dan dimengerti oleh penggunanya.

Kesulitan-kesulitan selama bekerja sering kali dijumpai Kak Rico, seperti bagaimana cara memonitoring aplikasi yang digunakan lebih dari 1,7 juta pengguna. Ketika mengalami kesulitan dalam pekerjaan, biasanya Ia memilih untuk melakukan penyegaran dengan melakukan beberapa hobinya, yaitu menyanyi, main game, dan nonton film anime.

Beberapa target dalam hidup Rico yang belum Ia capai adalah mempunyai bisnis di bidang IT, menjadikan aplikasi android Tokopedia menjadi nomor 1 di play store dan membahagiakan orang tua. 

Edward Benjamin - Event and Marketing Communication

Johanes - Kenneth - Edward Benjamin - Alvin

Sebagai Event and marketing Communication Specialist nakama yang satu ini sudah bergabung dengan Tokopedia sejak 11 Agustus 2014. dimana pada saat itu Tokopedia belum sebesar saat ini dengan jumlah nakama yang tidak lebih dari 100 pada saat itu hingga Tokopedia bertumbuh dengan jumlah nakama sekarang ini yang hampir menyentuh angka 400.

Edward bergabung ke tokopedia pada saat tokopedia bertumbuh dengan pesatnya yang terlihat dengan jumlah nakama yang terus bertambah, penerimaan investasi 100 juta dolar dari Sequoia dan Softbank dan beberapa momen-momen penting lainnya yang dialami oleh Tokopedia. Momen-moment tersebut meninggalkan kesan bagi Edward seperti yang ia katakan bahwa keberhasilan nakama dalam berkolaborasi dalam tim telah membuat Tokopedia dapat berkembang hingga sebesar ini dan setiap nakama secara langsung maupun tidak langsung memberikan kontribusi atas pencapaian Tokopedia.

Edward berpesan untuk para newkama yang baru bergabung dengan Tokopedia agar tetap bertahan bersama Tokopedia, karena Tokopedia adalah perusahaan yang sangat bagus untuk kita belajar, dan apapun yang kita lakukan di Tokopedia bukan semata-mata kita lakukan untuk diri kita sendiri ataupun Tokopedia, melainkan untuk membantu masyarakat Indonesia. Pastikan visi dan misi kita sejalan dengan Tokopedia maupun sebaliknya.

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images